Senin, 27 Agustus 2012

BIODATA DARMANINGTYAS


BIODATA

DARMANINGTYAS, menggeluti pendidikan sejak mulai menjadi mahasiswa baru di UGM, Agustus 1982 dengan menjadi guru di SMP Binamuda dan SMA Muhammadiyah Panggang, Gunungkidul, DIY. Pendidikan formalnya cukup Sarjana Filsafat Universitas Gadjah Mada (UGM) dan selebihnya otodidak. Gelar “Profesor Doktor” diperoleh dari undangan, sertifikat, piagam, spanduk, dan sejenisnya; sebagai bentuk pengakuan nyata dari masyarakat.


Menulis beberapa buku, antara lain:
1.      Pendidikan pada dan Paska Krisis (Pustaka Pelajar, 1999)
2.      Pulung Gantung : Menyingkap Tragedi Bunuh Diri di Indonesia (Salwa Press, 2002)
3.      Pendidikan yang Memiskinkan ( Galang Press, 2004),
4.      Membongkar Ideologi Pendidikan, Jelajah UU Sisdiknas (editor, Resolusi Press, 2004)
5.      Pendidikan Rusak-rusakan, Kritik terhadap Kebijakan Pendidikan Nasional (LKIS, 2005)
6.      Utang dan Korupsi Racun Pendidikan (Yashiba, 2008)
7.      Tirani Kapital dalam Pendidikan, Menolak UU BHP (Yashiba dan Damar Press, 2009) bersama Fahmi Panimbang dan Edi Subkhan
8.      Transportasi Jakarta Menjemput Maut (Yashiba dan INSTRAN, 2010).
9.      Manipulasi Kebijakan Pendidikan (RESIST BOOK, 2012) bersama Edi Subkhan

Juga menulis dalam:
  1. Pendidikan itu memang Multikultural dalam Pendidikan itu memang Multikultural, sebuah gagasan (Yayasan SET, Jakarta, 2002)
  2. “Yang disembunyikan dalam Praktek Pendidikan” dalam Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru, 70 tahun Prof. Dr. H.A.R. Tilaar (Grasindo, 2002)
  3. FIKIR (Grasindo, 2002)
  4. “Prasana, Sarana, dan Buku, Cermin Retak Pendidikan Nasional dalam Pendidikan Manusia Indonesia (Grasindo dan Yayasan Toyota Astra, 2004,  editor Tony Widiastono)
  5. “Mendidik dengan Hati dalam “70 Tahun A.Malik Fadjar”, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2009
  6. “Mencari Sistem Pendidikan Nasional” dalam Education Change, 60 tahun Yayasan Penabur (PT BPK Gunung Mulia, 2010)
  7. “Perjalanan Manusia Pengembara” dalam Pendidikan Nasional: Arah Ke Mana?,  10 Windu Prof.Dr. H.A.R. Tilaar, Penerbit Kompas, 2012

Buku lain yang sedang dalam proses penyelesaian antara lain: Sejarah Busway di Jakarta dan Bunuh sebagai Solusi

Akitivitas sehari-hari adalah:
1.     Memimpin INSTRAN (Institut Studi Transportasi), sebuah LSM yang mengkampanyekan angkutan umum, sepeda, dan pejalan kaki.
2.      Anggota Dewan Penasehat CBE (Center for the betterment of Education) di Jakarta; 
3.      Pengurusan Yayasan Sosial Indonesia untuk Kemanusiaan (YSIK), Jakarta
4.      Pengurus Perkumpulan Praxis, Jakarta
5.      Pengurus LIPS (Lembaga Informasi Perburuan Sedane), Bogor
6.      Wakil Ketua MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) periode 2010-2012)

Pernah juga aktif sebagai
1.      Pengurus Majelis Luhur Tamansiswa (MLTS) Yogyakarta 2007-2011
2.      Direktur INSTRAN (Institut Studi Transportasi) Jakarta, dan Advisor ITDP (Institute for Transportation and Development Policy (2007-2011)

Aktif menulis di Koran TEMPO dan Suara Pembaruan. Sebelumnya pernah menjadi penulis di Harian KOMPAS selama 17 tahun. Serta menjadi narasumber di televise untuk isu pendidikan dan transportasi. DARMANINGTYAS termasuk satu dari ratusan ribu mahasiswa yang tulisannya berhasil dimuat oleh Kompas pada saat statusnya sebagai mahasiswa pada tahun 1986.

Segala kritik dan masukan dapat dikirimkan ke: darmaningtyas@gmail.com dan instran@indo.net.id, Email darmaningtyas@yahoo.com telah tidak berfungsi sejak November 2010.

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan Anda termasuk berbagai tulisan tentang Liberaralisme Pendidikan...Saya hanya mau katakan,semoga anda selalu konsisten untuk memperjuangkan Pendidikan Murah ataupun Pendidikan Gratis di Indonesia dan konsisten pula melawan Liberalisasi Pendidikan ataupun Neoliberalisme Pendidikan...Suatu saat rakyat Indonesia akan menyadari bahwa Kapitalisme dalam bentuk yang baru telah mersuk dalam berbagai sektor kehidupan di Republik ini termasuk dalam Pendidikan...Dan Gerbang masuknya kekuatan modal itu adalah : Negara.Negara berarti pemimpinnya yang melegitimasi masuknya Kapital tersebut...Saya juga membeli buku anda yang berjudul : LIBERALISASI PENDIDIKAN...sangat menarik yang anda tulis bersama dua orang teman lainnya...saya mengucapkan profficiat dan terus berkarya,disamping itu membangun kekuatan rakyat untuk melawan Neoliberalisme di segala aspek kehidupan termasuk pendidikan...Saya juga ingin membeli buku anda yang berjudul TIRANI KAPITAL DALAM PENDIDIKAN,UTANG DAN KORUPSI RACUN PENDIDIKAN,PENDIDIKAN RUSAK-RUSAKAN...salam saya : Ryan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf sekali, saya kok baru baca komentar ini ya. Terima kasih apresiasi anda dan semoga saya bisa menjaga konsistensi perjuangan

      Hapus